Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Daun Pandan

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Daun Pandan

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Daun Pandan – Tanaman pandan atau terkenal dengan sebutan tanaman pandan wangi merupakan tumbuhan yang hanya dapat tumbuh subur di daerah tropis, Tanaman ini sering ditanam di pekarangan rumah atau kebun atau pada daerah pinggir hutan lindung atau sepanjang pesisir pantai, tanaman ini kadang – kadang tumbuh liar di daerah yang lembab seperti dekat sungai atau pinggir rawa – rawa.

Mengenal Klasifikasi Tanaman Pandan

  • Kingdom : Plantae
  • Sub kingdom : Virifiplantae
  • Infra kingdom : Streptophyta
  • Super divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super ordo : Lilianae
  • Ordo : Pandanales
  • Famili : Pandanacea
  • Genus : Pandanus L f
  • Spesies : Pandanus Amaryllifolius

Morfologi Tanaman Tandan

Berikut di bawah ini adalah ciri – ciri morfologi pandan sebagai berikut :

1. Morfologi Akar

Akar pada tanaman pandan memiliki ukuran besar dan bersifat sebagai akar tunggang yang berfungsi untuk menopang keseluruhan tanaman bila tanaman sudah besar. Akar tanaman ini mempunyai panjang sekitar 30 s/d 60 cm bahkan lebih. Akar tanaman pandan berwarna kecoklatan dan juga mampu menembus kedalaman tanah hingga 30 cm.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Temulawak

2. Morfologi Batang Tanaman Pandan

Batang pada tanaman pandan ini berupa batang perdu yang berukuran rendah dengan ketinggian mencapai sekitar 2 meter bahkan lebih. Batangnya menjalar berbentuk bulat, lunak, dan bercabang – cabang yang dikenal dengan istilah batang perdu sehingga dapat meneduhkan daerah sekitar tanaman daun pandan tumbuh.

3. Morfologi Daun Pada Tanaman Pandan

Saun tanaman pandan wangi merupakan daun yang bersifat daun tunggal yang posisinya duduk memeluk batang dengan bentuk melingkar memanjang hampir menyerupai daun palem atau rumput.

Bagian tepi daun bergerigi runcing dengan pangkal ujung meruncing dengan pertulangan yang menonjol memanjang. Panjang daun pandan sekitar 40 s/d 80 cm sedangkan lebarnya antara 3 s/d 5 cm. Daun pandan tersusun dalam beberapa garis spiral yang biasanya sejumlah 3 s/d 4 garis dan secara umum daun pandan ini berwarna hijau muda hingga hijau tua dan jika daun diremas maka akan mengeluarkan aroma yang wangi dan manis.

4. Morfologi Bunga Pada Tanaman Pandan

Bunga pada tanaman pandan merupakan bunga yang bersifat majemuk berbentuk dalam tandan atau tongkol yang memiliki warna putih. Bunga tanaman pandan berkelamin tunggal dan terletak pada ujung batang atau di ketiak daun pelindung yang berukuran besar. Bunga jantan berdampingan dengan putik atau ada yang tanpa putik yang di sekitarnya memiliki banyak benang sari terutama pada sumbu bunga yang pendek maupun panjang. Tangkai sari bunga ini bebas atau ada yang berlekatan sedangkan kondisi kepala sari tegak dan terdiri atas dua ruang yang masing – masing terbagi lagi dalam ruang – ruang yang memiliki ukuran kecil. Bunga betina tanpa benang sari dan jika terdapat benang sari pastinya akan berukuran lebih kecil dengan posisi hipogin. Penyerbukan bunga pandan bisa berlangsung secara alami atau mendapatkan bantuan dari hewan di sekitarnya.

5. Morfologi Buah Dan Biji Tanaman Pandan

Buah tanaman pandan memiliki bentuk bulat sempurna dengan permukaan bergerigi dan dinding buah berambut halus yang pada umumnya buah ini memiliki ukuran yang bervariasi mulai berukuran 4 s/d 7 cm. Buah yang dimaksudkan berwarna kehijauan dengan berisikan sedikit corak kemerahan dan hanya sedikit yang memiliki biji – biji setiap buahnya. Jumlah biji dalam buah ini berkisar antara 10 s/d 20 bahkan lebih yang mana biji berbentuk bulat, pipih, dan juga berdaging halus dengan warna abu – abu hingga kecoklatan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman daun pandan, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Padi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *