Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Asoka

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Asoka – Berikut ulasan mengenai klasifikasi, morfologi, dan ekologi tumbuhan bunga asoka, silahkan disimak.Mengenal Klasifikasi Tanaman Bunga Asoka

Adapun klasifikasi bunga asoka menurut Anonim tahun 2011 adalah sebagai berikut :

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Ordo : Rubiales
  • Famili : Rubiaceae
  • Genus : Ixora
  • Spesies : Ixora Paludosa L

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Padi

Morfologi Tanaman Bunga Asoka

Asoka / ixora paludosa memiliki ketinggian bisa mencapai lebih dari 4 meter yang mana lingkar batang bisa mencapai 40 cm dengan batang tumbuhan dikotil ini berwarna gelap yang kadang – kadang disertai bercak – bercak oleh lumut kerak yang menempel terlalu lama pada batang, cabang, dan ranting – rantingnya demham memiliki akar bersifat akar tunggang. Kayunya bertekstur keras dengan bentuk daun lonjong berukuran maksimal panjang kisaran 24,2 cm dan lebar daun bagian tengah kisaran 9,6 cm. Warna bunga merah dengan susunan menggerombol sedangkan untuk asoka hibrida dalam segala hal ukurannya lebih kecil. Asoka hibrida memiliki keunggulan dalam hal warna bunganya lebih variatif dan mudah ditanam. Warna bunga asoka hibrida ada yang merah, jingga, merah muda, kuning, dan lain sebagainya.

Mengenal Ekologi Tanaman Bunga Asoka

Asoka mampu tumbuh dengan baik pada tanah yang sangat gembur dengan ketinggian antar 0 s/d 400 meter di atas permukaan laut yang mana tanaman ini dapat bertahan hingga suhu 45 derajat C dimana terdapat 2 jenis kebutuhan cahaya yaitu sinar matahari secara langsung dan tempat dengan kondisi lembab / gelap dengan tingkat kelembaban sekitar 70 persen.

Nilai – Nilai Medis

Ixora paludosa / asoka memiliki bunga nan indah dan menarik juga berkhasiat sebagai obat luka baru dengan cara yang sangat sederhana yaitu menumbuk halus hingga membentuk pasta batang muda dan akarnya yang kemudian dioleskan di bagian yang terluka. Kandungan kimia dari soka ini adalah saponim dan flavonoida.

Nilai – Nilai Komersial

Ixora paludosa mempunyai nilai – nilai komersial yaitu dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena bunga asoka memiliki berbagai macam warna sehingga sangat bagus untuk memperindah taman. Biasanya para pedagang menjual di toko – toko bunga dengan harga sekitar Rp. 50.000 per pot.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman bunga asoka, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Daun Pandan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *