Pengertian VPS Hosting

Pengertian VPS Hosting

Virtual Private Server atau yang biasa disingkat VPS ialah salah satu jenis layanan hosting (penyiaran website) dengan menggunakan teknologi virtualisasi server yang berdasarkan dengan server fisik. VPS memberikan sebuah ruang pribadi dalam bentuk server virtual alias tidak nyata.

Meskipun pada kenyataannya anda harus berbagi server fisik dengan user lain, akan tetapi VPS membuat penggunanya seperti memiliki satu server fisik secara utuh. Hal tersebut dikarenakan VPS terinstal hingga pada level OS pada setiap komputer. Pembagian ini hampir sama prinsipnya dengan partisi hard-disk pada komputer yang digunakan oleh setiap orang di rumahnya.

Adapun kelebihan lain yang diberkan oleh VPS ialah bahwa setiap server virtual tidak akan mempengaruhi kinerja server virtual lainnya yang masih berada dalam satu server fisik.

VPS akan secara otomatis membagi masing-masing VPS sesuai dengan pengaturan yang dijalankan. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu website yang menggunakan layanan VPS menerima lonjakan traffic. Selain itu, VPS juga memberikan privasi terhadap file system para penggunanya sehingga server lain yang masih berada dalam satu server fisik tidak dapat melihat data-data penting yang dimiliki oleh pengguna tersebut.

Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Dunia

Manfaat VPS Hosting

Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai VPS hosting, berikut ini adalah manfaat atau fungsi yang diperoleh jika seseorang menggunakan VPS Hosting untuk mengelola websitenya, antara lain :

  1. Web Hosting

VPS merupakan sebuah solusi untuk seseorang yang ingin membangun web hosting dengan spesifikasi yang bisa di kustomisasi. Layanan VPS mempunyai resource dimana hanya ada satu website pengguna yang memakainya. Terlebih lagi jika website tersebut membutuhkan resource CPU dan memory yang tinggi namun dengan budget yang terbatas.

  1. Dapat Mengelola Mail Server sendiri

Berbeda dengan shared hosting dimana para penggunannya mengalami terbatasnya kuota pengiriman email untuk usernya. Dengan layanan VPS, pengelola website dapat mengkostumisasi jumlah kuota pengiriman email sesuai dengan spesifikasi VPSnya.

Adapun beberapa manfaat lain yang diperoleh saat menggunakan layanan VPS Hosting dapat dilihat pada poin-poin berikut :

  • Dapat digunakan sebagai server remote desktop
  • Dapat digunakan sebagai server Host
  • Dapat digunakan sebagai server back up

Baca Juga : Plugin Autoblogging Untuk WordPress Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *