Pengertian dan Fungsi Otot Manusia

Pengertian dan Fungsi Otot Manusia

Pengertian dan Fungsi Otot Manusia – Ketika manusia menggerakan anggota tubuhnya, pernahkah kita berpikir apa yang membuat anggota tubuh tersebut bisa bergerak?

Dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, manusia ditunjang oleh otot-otot yang terdapat di dalam tubuhnya. Semua gerakan yang dihasilkan tubuh merupakan kerja otot manusia.

Otot sendiri dapat diartikan sebagai suatu jaringan yang ada dalam tubuh manusia yang berperan sebagai alat gerak aktif yang berfungsi menggerakkan tulang-tulang tubuh manusia.

Sel otot memiliki kemampuan dalam berkontraksi (membentuk sel otot memendek) dan relaksasi (kembali ke ukuran semula).

Oleh karena itulah jaringan otot disebut sebagai alat gerak aktif. Otot sendiri dapat dilatih kekuatannya dengan melakukan olahraga rutin sehingga dapat mengangkat beban yang lebih berat daripada kebanyakan orang normal lainnya.

Hampir semua organ tubuh manusia dihubungkan dengan otot. Semua anggota tubuh memiliki ototnya masing-masing sehingga setiap anggota tubuh bisa bergerak.

Sehingga jumlah otot sangatlah banyak, dimana satu organ tubuh terdiri dari beberapa otot yang menyelimutinya.

Otot memiliki fungsi penting dalam tubuh manusia yang berguna mendukung tubuh manusia dan membantu untuk dapat mempertahankan postur seseorang.

Otot juga berperan memperkuat sendi-sendi dengan memegang tulang dalam posisi yang tepat dan mendukung proses pergerakannya. Selain berfungsi menggerakkan tubuh manusia, fungsi lain otot diantaranya:

  1. Menghasilkan gerakan pada rangka, seperti adanya kontraksi dan relaksasi otot yang menempel pada rangka yang dapat mengggerakkan rangka tubuh manusia.
  2. Mempertahankan postur dan posisi tubuh, sebagai contohnya mempertahankan posisi kepala pada saat membaca buku atau ketika berjalan dengan posisi tegak dan lain sebagianya.
  3. Mengatur masuk dan keluarnya saluran yang dalam sistem tubuh manusia, seperti menelan, buang air besar atau kecil, semua hal tersebut akan dipengaruhi oleh otot rangka yang menyelimutinya.
  4. Menyokong jaringan lunak, menggerakkan organ-organ di dalam tubuh manusia seperti usus, jantung dan lainnya.
  5. Dapat menstabilkan suhu tubuh, adanya kontraksi rangka akan memerlukan energi dan nantinya akan menghasilkan panas yang bisa digunakan untuk mempertahankan suhu normal bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *