Langkah pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan

Langkah pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan – Bimbingan merupakan tahap pemberian bantuan atau arahan yang dibagikan dengan konselor ke pada seseorang yang menggunakan layanannya baik itu individu maupun secara berkelompok seperti pada anak-anak, remaja, hingga orang dewasa dan dijalankan secara sadar, terencana serta sistematis sehingga menghasilkan pengembangan pada kemampuan dirinya sendiri dan mandiri, mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dan dapat memilih keputusan dalam menentukan tujuan dan arah hidupnya, menguasai dan mengenal dirinya serta dapat beradaptasi dengan lingkungan hidupnya secara baik berdasarkan ketentuan yang berlaku pada masyarakat

Sementara penyuluhan artinya sebuah kegiatan wawancara yang dibuat dengan seorang ahli untuk individu yang sedang merasakan sebuah masalah dengan rencana untuk memecahkan dan menyelesaikan suatu masalah yang sedang ia alami dan memberikannya bantuan, sehingga hasil masalahnya dapat diatasi dengan orang tersebut dan dapat beradaptasi dengan baik dengan lingkungan hidupnya.

Berikut adalah beberapa langkah-langkah dari pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan yaitu:

  1. Tahap Perencanaan

Pada tahap perencanaan ini, seorang pembimbing dan pemberi penyuluhan wajib mempunyai bentuk khusus tentang bimbingan dan penyuluhan baik itu dari bagian sasaran, tujuan, metode, materi, waktu serta tempat yang dijalankan secara tertulis.

  • Tahap Pelaksanaan

Kemudian pada tahap kedua ini atau dapat dikatakan action, seorang pembimbing dan pemberi penyuluhan juga wajib mencatat segala bentuk perencanaan yang sudah disiapkan pada waktu sebelumnya.

  • Tahap Penilaian

Lalu pada tahap ketiga ini, seorang pembimbing dan pemberi penyuluhan wajib mencatat segala hasil yang didapat dari bimbingan dan penyuluhan tersebut yang diubah menjadi beberapa angka atau nilai aksara.

  • Tahap Analisis Hasil

Sesudah ketiga tahap tersebut dijalankan, lalu kalian akan memasukkan tahap keempat yang menganalisis hasil. Tujuan dari tahap ini adalah untuk memahami hasil bimbingan dan penyuluhan secara keseluruhan untuk menggapai tujuan dan mencari hal-hal yang masih dibutuhkan dari bimbingan dan penyuluhan yang dibagikan.

  • Tahap Tindak Lanjut

Pada tahap tindak lanjut ini adalah tahap terakhir dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan. Tahap ini merupakan tahap menjalankan campur tangan antar kedua belah pihak bimbingan dan penyuluhan yang baru terhadap seseorang yang menghadapi masalah dan masih mempunyai kekurangan sesudah diberi bimbingan dan penyuluhan untuk yang pertama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *