Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman

Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman

Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun Pada Tanaman – Menurut ilmu agrotek penyakit bercak daun adalah salah satu jenis penyakit umum menyerang tanaman terutama termasuk ke dalam jenis tanaman budidaya. Penyakit ini cukup meresahkan petani karena dapat merugikan secara ekonomi dan juga mudah menyebar.

Seperti jenis penyakit menular lainnya, penyakit ini muncul karena serangan jamur dimana penyakit bercak daun sangat mudah menular ke tanaman sehat lainnya.

Oleh sebab itu apabila tidak dikendalikan secara tepat maka sangat merugikan petani ! Penyakit mulai muncul saat sedang memasuki musim hujan dan kondisi kelembaban udara cukup tinggi sehingga jamur ‘Cercospora Capsici’ menjadi mudah tumbuh dengan subur.

Jamur ini akan menginfeksi tanaman dengan cara menyebar melalui angin, air hujan, hama vektor dan alat – alat pertanian saat jamur masih berupa spora. Selanjutnya spora mulai menyerang benih atau biji bahkan sebelum ditanam.

Gejala Penyakit Bercak – Bercak Pada Daun

Tanaman yang terlanjur terserang penyakit bercak daun dapat ditandai dengan gejala sebagai berikut :

1. Tunas

Gejala yang diperlihatkan adalah akan muncul bercak – bercak pada tunas. Munculnya bercak ini dimulai dengan menunjukkan kondisi mengeringnya bagian ujung tunas kemudian menjalar kepada pinggiran daun lalu terjadilah infeksi tunas yang sangat merugikan petani karena tunas – tunas yang terinfeksi penyakit bercak daun tidak akan optimal di dalam menghasilkan bunga dan buah.

2. Daun

Penyakit yang menjalar pada tunas apabila dibiarkan begitu saja akan berkembang hingga ke daun. Ciri – ciri yang terserang penyakit bercak daun adalah daun akan menjadi kering dan menggulung. Jika daun diremas – remas maka daun akan terasa rapuh sekali.

3. Daun Muda

Penyakit bercak daun muda yang menyerang pada daun muda ditandai dengan munculnya bercak – bercak tak beraturan, berwarna cokelat dan akan dikelilingi oleh warna kekuningan.

Penyakit ini bermula dari ujung daun atau tulang daun untuk selanjutnya dengan cepat meluas sehingga daun menjadi kering dan rapu.

4. Daun Tua

Gejala dari penyakit yang bersangkutan adalah dimulai dengan adanya bercak – bercak tak beraturan mulai dari tepi daun untuk selanjutnya meluas kea rah tulang daun.

Dari sini daun akan berubah warna menjadi cokelat tua dengan bagian tepinya berwarna kuning. Jika tidak segera ditangani maka penyakit bercak daun dapat mengeringkan seluruh daun, sehingga daun akan menjadi rapuh.

Cara Mengatasi Penyakit Bercak Daun

Yang terpenting patut untuk dipahami dalam hal ini adalah penyakit bercak daun disebabkan oleh jamur. Maka dari itu hal utama yang perlu dilakukan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan cara memusnahkan bagian tanamn yang terlanjur terserang sehingga penyakit tidak menyebar ke tanamn lain yang sehat.

Cara memusnahkan tanaman yang terlanjur terserang penyakit dapat melalui bermacam – macam dimana salah satunya adalah dengan memangkas pada bagian tanaman yang terinfeksi untuk selanjutnya disingkirkan dan dibakar.

Pencegahan Penyakit Bercak Daun

Upaya pencegahan yang dilakukan adalah lihat kondisi tanah yang akan digunakan sebagai media tanam sudah benar – benar dalam kondisi steril. Ini bertujuan untuk mencegah adanya penularan penyakit melalui tanah / ‘tular tanah’.

Di samping itu bisa dengan mengaplikasikan ‘GDM Black BOS’ pada tanah setiap bulan sekali dengan cara dikocor pada daerah – daerah perakaran dengan memakai dosis 5 kg per ha.

Adapun fungsi GDM Black BOS adalah untuk mencegah penyakit tular tanah karena GDM Black BOS mengandung 4 macam bakteri yang cukup menguntungkan secara ‘enzimatis’ dan ‘sinergis’ mampu menguraikan berbagai ‘residu’ dan limbah serta membantu mengembalikan kondisi tanah menjadi subur kembali. GDM Black BOS terbuat dari bahan 100 persen organik dan di dalamnya terdapat bakteri pilihan yang berkualitas tinggi.

Selain mencegah adanya penularan penyakit melalui tanah maka perlu dipastikan petani untuk menyemprotkan pupuk organik GDM setiap 1 minggu sekali di bagian bawah daun dengan memakai dosis 2 gelas per tangki.

Baca Juga :

Mengatasi Penyakit Bercak Daun Secara Terpadu Dengan Menggunakan Metode Alami

Adapun untuk meracik pestisida jenis ini haruslah mengaplikasikan beberapa bahan yang diperlukan dan cara pembuatannya yaitu sebagai berikut :

  • Bahan utama yang digunakan adalah minyak atsiri dari tanaman cengkeh dan juga tanaman sari wangi. Pertama – tama siapkan minyak atsiri cengkeh sebanyak 1.000 ml / 1 kg dan tanaman serai wangi lalu ditumbuk dan direndam dengan menggunakan air bersih sebanyak 2 liter selama 1 minggu hingga menebarkan bau busuk / membusuk, baru setelahnya disaring dan diambil airnya sebanyak 1 lt.
  • Selanjutnya campurkan 1.000 ml minyak atsiri cengkeh dan 1 lt ‘duk’ hingga benar – benar tercampur ke dalam satu wadah dan diamkan selama 1 minggi. Saat akan dipakai, terlebih dahulu larutan pestisida ini harus disaring.
  • Dosis pemakaian yang tepat untuk mengatasi penyakit bercak daun tersebut di atas adalah 200 s/d 400 ml yang dilarutkan ke dalam 1 lt air.

Nah itulah pembahasan singkat tentang cara mengatasi penyakit bercak daun pada tanaman budidaya secara efektif dan efisien, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *