Cara Budidaya Kacang Tanah

Cara Budidaya Kacang Tanah

Cara Budidaya Tanaman Kacang TanahKacang tanah adalah tanaman semusim yang dibudidayakan pada saat musim kemarau. Tanaman dengan nama latin Arachis Hypogea ini memang tanaman yang tidak membutuhkan air terlalu banyak. Hal tersebut sangat jelas, karena jika kandungan air pada tanah terlalu banyak.

Jamur akan mudah menyerang akar, sehingga pertumbuhan buah akan terganggu. Perlu Anda ketahui tempat tumbuh buah pada kacang tanah berada pada akarnya.

Tanaman yang dimabil bijinya untuk di konsumsi ini sangat cocok ditanam pada dataran rendah atau sekitar 50-500 meter diatas permukaan laut (mdpl) dan juga pada tanah gembur dengan kandungan unsur hara yang tinggi.

Walaupun ada mitos jika mengkonsumsi kacang tanah terlalu banyak, nantinya akan menyebabkan jerawat pada wajah. Akan tetapi sebenarnya kacang tanah mempunyai banyak sekali manfaat pada tubuh Anda. kacang tanah dipercaya dapat menstabilkan kolesterol dan juga mencegah resiko penyakit jantung.

Hal tersebut dikarenakan kacang tanah mengandung senyawa mono asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan Anda. selain itu kandungan vitamin E pada kacang tanah juga dapat mencegah penuaan dini. Serta masih banyak lagi kandungan vitamin pada kacang tanah yang baik untuk tubuh dan kesehatan Anda.

Tahapan Budidaya Kacang Tanah

Jika Anda berkeinginan untuk budidaya tanaman kacang tanah. Anda perlu menyiapkan benih kacang tanah jauh-jauh hari. Jika Anda baru pertama kali ingin membudidayakan kacang tanah. Anda bisa membelinya di toko pertanian yang menjual beragam jenis benih tanaman. Setelah benih sudah Anda dapatkan.

Anda perlu menyiapkan media tanamnya. Jika Anda mempunyai lahan yang luas, akan tetapi sudah Anda tanami dengan tanaman lain terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan sistem tumpang sari untuk membudidayakan tanaman kacang tanah. Anda hanya perlu menanam kacang tanah pada sela-sela tanaman yang sudah terlebih dulu Anda tanam. Jangan khawatir untuk masalah nutrisi tanamannya.

Karena tanaman kacang tanah akan mengikat bakteri yang yang dapat menyerap kandungan nitrogen pada udara.

Sehingga tidak akan mengganggu pertumbuhan tanaman yang Anda tanam lainnya. Untuk penanaman benih kacang tanah. Anda bisa merendam benih terlebih dahulu, kira-kira semalaman, dengan tujuan agar lebih mempermudah untuk berkecambah.

Kacang tanah akan mulai berkecambah pada 4-7 hari setelah tanam. Jika ada yang tidak berkecambah, Anda bisa melakukan penyulaman (menanam kembali).

Untuk masalah pemupukan, Anda bisa menyesuaikan dengan tanaman yang Anda tumpang sari. Dengan begitu Anda tidak akan mengeluarkan tenaga tambahan untuk pemupukan kacang tanah. Tanaman kacang tanah sudah bisa dipanen pada usia 90 hari setelah tanam.

Ciri-ciri fisik tanaman kacang tanah yang sudah siap panen adalah daun tanaman kacang tanah sudah menguning dan mulai berguguran.

Baca juga : Cara Budidaya Timun Suri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *